Travel

Overland 34 Jam: Ujung Barat – Timur Pulau Jawa

By on December 28, 2017

19-21 Desember 2017 silam sebuah rekor baru tercipta (lagi). Overland lebih dari 30 jam pecah, rekor kedua terlama setelah overland dari Jogja- Flores 4 tahun silam saat KKN UGM pada tahun 2014. Untuk perjalanan kali ini 2 malam saya tidur di dalam 2 bus berbeda. Oh pantat tepos tiada terkira. Tapi, menatap kelebatan kehidupan di luar sana dari balik kaca jendela itu candu yang menenangkan hati. Jadi menghabiskan berjam-jam di dalam kendaraan tidak jadi perkara besar bagi saya.

Overland dengan jarak tempuh lebih dari 1.100 KM ini bermula dari Kota Serang dan berakhir di Banyuwangi ditempuh dalam 2 etape: Etape 1: Serang – Jogja (Bus Pahala Kencana Executive Seat 2-2) dan Etape 2: Jogjakarta – Banyuwangi (Bus Akas Asri Ekonomi AC Seat 3-2 Tidak ada Toilet). Etape 1 seharusnya hanya memakan waktu 13 – 14  jam namun kenyataan di lapangan berkata lain. Bus Pahala Kencana yang saya tumpangi memiliki gangguan pada rem nya. Demi keamanan dan keselamatan penumpang terpaksa mau tidak mau harus bertukar bus di Jakarta sore harinya yang kemudian jelas terkena macet di Jakarta – Bekasi. Bus berangkat pukul 13.30 dan tiba di Jogjakarta pukul 09.00 pagi keesokan harinya. 18 jam perjalanan, lebih lama 4 jam dari biasanya.

Sedikit catatan untuk Bus Pahala Kencana (PK), saya awalnya merasa antusias tidak sabar untuk segera menaiki bus PK saat menunggu di agen bus Serang karena puas dan bahagia menaiki bus PK terbaru model Single High Deck (SHD) dengan suspensi yang aduhai empuknya. Cerita menaiki bus ini bisa kamu baca disini. Saat bus datang eh ternyata bus model lama yang saya lihat dan terpaksa naiki. Setelah ditelisik dengan menanyakan langsung kepada staf PK ternyata bus SHD yang saya naiki itu bus SHD pertama yang dimiliki oleh PK dan terpaksa digunakan untuk rute Jogja – Merak sebagai bus pengganti. Saya kecewa.

Sesampainya di Jogja saya langsung bergegas menuju kos untuk packing semua kebutuhan pribadi maupun tour sambil beristirahat tentunya. Mendekati sore, langit Jogja yang kelabu melahirkan gerimis sendu yang perlahan berubah menjadi hujan lebat. Opsi naik Gojek yang saya rencanakan pun beralih jadi Gocar. Butuh waktu lebih dari 30 menit untuk sampai di Terminal Bus Giwangan Jogja. Selama perjalanan dengan gocar  saya sering melihat jam tangan untuk memastikan waktu kedatangan tidak lewat pukul 16.40 sore. Pengalaman terakhir mencoba naik Bus Akas Asri jurusan Jogja – Banyuwangi saya telat dan ketinggalan.

Saat keluar dari Gocar, Bus Akas Asri datang. Sebuah kebetulan yang membahagiakan. Saya berlari menuju pool Bus Banyuwangi di Terminal Giwangan dengan bawaan yang rempong ketika bus sedang memutar dan menuju poolnya. Saat memasuki bus, sudah banyak penumpang mengisi kursi yang tersedia, kursi kosong pun sudah dibooking oleh para penumpang yang belum datang. Kursi plastik diletakan di atas kursi bus atau tali diikat disamping sebagai penanda kalau kursi telah dimiliki orang lain. Fenomena ini terjadi karena saat ini termasuk dalam peak season: Libur anak sekolah + long weekend Natal. Di Terminal Giwangan hanya ada 3 penumpang yang naik dari 4 kursi kosong yang tersedia. Ada beberapa rombongan penumpang terpaksa turun karena kursi tersisa hanya 1. Beruntung saya langsung masuk ketika bus baru berhenti. Tempat duduk saya adalah di baris kursi 3 bukan 2, jadi satu baris diisi oleh 3 orang.

Bus AKAS ASRI terisi penuh

Saya lihat waktu menunjukan pukul 16.20an ketika si supir memacu tunganggan besinya. Tidak butuh berapa lama bus langsung bergerak menuju tujuannya Klaten – Solo – hingga Probolinggo – Jember –  Banyuwangi.  Selama perjalanan Bus Akas Asri – Jogja akan singgah di 2 tempat untuk beristirahat dan mempersilahkan penumpang untuk ke toilet. Bus tiba di Terminal Karang Ente Banyuwangi sekitar pukul 9 nan pagi keesokan harinya.

Tipe Kursi seat 2 AKAS ASRI

 

Jika di total 2 etape itu  maka kurang lebih 34 jam saya duduk di kursi kendaraan dan menghabiskan 2 malam tidur dengan hanya duduk saja tanpa berbaring merebahkan badan! Luar biasa!

 

Untuk Informasi Kamu:

Bus Serang – Jogja

Lama perjalanan 13 – 14 Jam (Waktu Normal). Tiket Bus Pahala Kencana bisa dibeli disini . Kamu juga bisa beli di agen bus di depan Untirta atau di dalam Terminal Pakupatan. Bus berangkat pukul 13.30 biasanya. Pastikan 30 menit sebelumnya sudah siap di tempat pembelian agen bus / terminal. Harga tiket bus berkisar Rp210.000 – 230.000 sudah termasuk makan malam (Ayam goreng + Mi goreng + Sayur kuah + Teh hangat / air mineral)

Bus Akas Asri Jogja – Banyuwangi

Untuk keberangkatan Bus AKAS ASRI Jogja – Banyuwangi. Tiket bus bisa dibayar di dalam bus ke kondektur langsung. Harga tiket bus sebesar Rp115.000. Usahakan pukul 16.00 sudah siap stand by di pool jurusan Banyuwangi di Terminal Giwangan. Jika kamu ingin booking kursi, kemarin saya sempat memfotokan CP Supir / Kondektur Bus AKAS ASRI :

Pak Antok 0819-1391-9222 Banyuwangi: 15.45 Yogyakarta 16.20

Contact Person HP AKAS ASRI Pak Antok

 

TAGS

LEAVE A COMMENT

Categories
Archives